31 Mei

Image

Assalamualaikum all.. Salam persahabatan untuk kita semua..

Hayoo ada yg tahu 31 Mei itu hari apa? Benar sekali! Hari kamis *glodak* hehe. Apakah hari dimana blog saya ini lahirr?? hahaha, bukan lahh.. males bangeettt :p
Sepertinya banyak tanggal2 momentum di bulan Mei. Dimulai dari 1 Mei yg diperingati sebagai hari buruh internasional, 2 Mei hari pendidikan nasional, 20 Mei yang merupakan Hari kebangkitan nasional dan Hari Bakti dokter.

Trus kalo 31 Mei? Yap, tak lain dan tak bukan adalah Hari anti tembakau sedunia

Tembakau (tobacco) atau Nicotina tabacum (Nicotiana spp., L.) ialah sejenis tumbuhan herbal dengan ketinggian kira-kira 1.8 meter (6 kaki) dan besar daunnya yang melebar dan meruncing dapat mencapai sekurang-kurangnya 30 sentimeter (1 kaki). Tanaman ini berasal dari Amerika utara dan Amerika Selatan. Sejarah tembakau pada mulanya digunakan oleh orang-orang asli Amerika untuk kegunaan perobatan. Sejarah mereka yang penuh dengan lagenda dan mitos banyak dikaitkan dengan tembakau. Ajaran-ajaran kepercayaan mereka juga bersangkut-paut dengan tumbuhan tembakau, di mana asap tembakau dipercaya dapat melindungi mereka dari makhluk-makhluk halus yang jahat dan sebaliknya memudahkan mereka mendekati makhluk-makhluk halus yang baik. Jika Christopher Columbus merentasi Lautan Atlantik untuk pertama kalinya pada tahun 1942, orang asli Amerika yang bermukim di New World telah menghadiahkan beliau daun tembakau dan seabad setelah itu, merokok telah menjadi kegilaan global, dan seterusnya memberi manfaat ekonomi kepada para pengusaha di Amerika Serikat.

Tembakau ialah hasil pertanian yang diproses dari daun tumbuh-tumbuhan genus Nicotiana yang segar. Tembakau bisa didapat secara komersil dalam bentuk-bentuk kering maupun awet, dan sering dihisap (seperti merokok) dalam bentuk cerutu dan rokok, atau dengan menggunakan pipa. Tembakau juga bisa dikunyah, “dicelup” (diletakkan antara pipi dengan gusi), dan dikulum, atau dihirup ke dalam hidung sebagai bahan hisapan dalam bentuk serbuk halus (seperti menggunakan morfin bubuk).

Tembakau mengandung zat alkaloid nikotin, sejenis neurotoxin yang sangat ampuh jika digunakan pada serangga. Neurotoxin merupakan bahan yang dapat melumpuhkan syaraf (neuron=syaraf, toxin=racun), dan pada konsentrasi yang rendah dapat menimbulkan ketergantungan (addiction). Zat ini sering digunakan sebagai bahan utama insektisida.

Pemakai tembakau memang kebanyakan kaum perokok, atau orang-orang yang begitu suka merokok.

Berbagai peraturan sebenarnya sudah dirancang agar tidak merokok di tempat umum, tidak boleh merokok di dekat anak-anak sekolah atau mengharamkan merokok bagi kaum pelajar. Tentu berbagai peraturan ini tidak akan berarti apa-apa, apabila kebanyakan masyarakat tidak menyadari bahaya di balik rokok ini.

Hmm.. untuk tahu apa saja bahaya dibalik rokok, kudu tahu dulu kandungan apa saja sih di dalam sebatang rokok itu. Coba cermati gambar dibawah ini:
Image

Jadi berhubung cara menikmati rokok adalah dengan membakar dan menghisapnya, dan tentu saja juga dengan menghisap asapnya, asap itulah yang meresahkan orang2 disekitar perokok. Kalau kandungan asap rokok apa aja sih?

  • Karbon monoksida (CO). Gas CO adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3 – 6%, gas ini dapat di hisap oleh siapa saja. Oleh orang yang merokok atau orang yang terdekat dengan si perokok, atau orang yang berada dalam satu ruangan. Seorang yang merokok hanya akan menghisap 1/3 bagian saja, yaitu arus yang tengah atau mid-stream, sedangkan arus pinggir (side – stream) akan tetap berada diluar. Sesudah itu perokok tidak akan menelan semua asap tetapi ia semburkan lagi keluar. Gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen, sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen udara yang sudah berkurang, ditambah lagi sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen, oleh karena yang diangkut adalah CO dan bukan O2 (oksigen). Sel tubuh yang menderita kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan yaitu melalui kompensasi pembuluh darah dengan jalan menciut atau spasme. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus menerus maka pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Di otak, di jantung, di paru, di ginjal, di kaki, di saluran peranakan, di ari-ari pada wanita hamil.
  • Nikotin. Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0.5 – 3 ng, dan semuanya diserap, sehingga di dalam cairan darah atau plasma antara 40 – 50 ng/ml. Nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. Hasil pembusukan panas dari nikotin seperti dibensakridin, dibensokarbasol, dan nitrosamin-lah yang bersifat karsinogenik. Pada paru, nikotin dapat menghambat aktivitas silia. Seperti halnya heroin dan kokain, nikotin juga memiliki karakteristik efek adiktif dan psikoaktif. Perokok akan merasakan kenikmatan, kecemasan berkurang, toleransi dan keterikatan fisik. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sekali merokok susah untuk berhenti. Efek nikotin menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. Jantung tidak diberikan kesempatan istirahat dan tekanan darah akan semakin meninggi, berakibat timbulnya hipertensi. Efek lain merangsang berkelompoknya trombosit (sel pembekuan darah), trombosit akan menggumpal dan akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang sudah sempit akibat asap yang mengandung CO yang berasal dari rokok.
  • Tar. Tar adalah sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Kadar tar pada rokok antara 0,5-35 mg per batang. Tar merupakan suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker pada jalan nafas dan paru-paru.

Itu tadi diambil hanya 3 besar saja kandungan dari asap rokok. Hmm.. pantesan tidak sedikit orang yang berang apabila berada didekat perokok. Istilahnya kalo mo menyakiti diri sendiri, gak usah ajak2 kali ya..

Begitulah, dihitung2 lebih banyak mudharatnya merokok daripada manfaatnya. Coba tengok gambar dibawah ini:

Image

Memang kok, informasi itu jangan disimpan sendiri. Sebarkanlah kepada teman dan kerabat. Menakut-nakuti itu memang perlu terkadang, termasuk salah satu metode penyuluhan kesehatan juga lho 🙂

Jadi, setelah membaca informasi keseluruhan tadi, ada yang masih minat melanjutkan merokok? Kalau dibilang hak asasi tiap orang okelah ya. Nah sekarang kalo dihadapkan dengan pernyataan, setiap orang juga punya hak dong untuk menghirup udara segar yang bebas asap rokok, gimana? Ingatlah bahwa hak diri sendiri itu dibatasi oleh hak orang lain, karena manusia adalah makhluk sosial.

Lu ngomong apaan sih? menggurui banget tau nggak. Hahahahaha. Saya miris banget tuh dengernya. Apalagi kalo dari generasi muda apalagi mahasiswa. Generasi muda itu masa depan lho. Andalah blue print negeri ini kedepannya mau dibawa kemana. Bahasa kerennya, mahasiswa, yang notabene intelektual muda adalah agent of change dan agent of development. Gak keren kan kalo generasi mudanya yg meneruskan tongkat estafet perjuangan malah terkapar gara2 rokok

Bukankah dalam hadist disebutkan bahwa  Allah lebih menyukai hambanya yang kuat dari pada hambanya yang lemah?

Jadi, mari mulai dari diri sendiri, kalo anda adalah perokok. Mulai dari hal kecil, berhenti merokok. Memang merokok adalah adiktif dan butuh perjuangan yang extra keras. Tapi toh sdh banyak orang yang berhasil, kenapa anda tidak? Dan mulai saat ini. Jadi tunggu apa lagi?

Jadi, banyak dari orang2 sekitar yang sayang pada anda. Jangan sia-siakan kesehatan yah.. Itu mahal lho. Saya jadi ingat memori ketika membaca buku Twitografi Asma Nadia yang membahas bagian tentang merokok, sangat menyentuh.

Berhenti merokok harus ada dalam agenda seorang suami yang sayang pada istri, seorang ayah yang sayang pada ananda.

Image

– Dikutip dari berbagai sumber-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s